Sumber : Youtube
Kota Palembang, saat mendekati
bulan Ramadhan. Ribuan warga kota ini dan para habaib dari
berbagai kota, berkumpul menjadi satu dan membentuk barisan panjang.
Mereka menyebutnya sebagai ziarah kubro, yakni kegiatan
mendatangi makam para wali atau auliya di kota ini
secara massal. Tujuannya, adalah untuk menaburkan doa-doa, sambil mengenang
perjuangan dan kemuliaan para fisabilillah, atau orang-orang yang
berjuang untuk Yang Mahatinggi.
Fenomena berziarah ke makam
para wali atau keluarga dekat, kerap dianggap sebagai warisan pra-Islam. Karena
itu, fenomena itu bisa ditemui di negara Islam mana pun. Termasuk, tempat
asal-muasal agama Islam dikembangkan, yakni kawasan Timur Tengah, dengan Nabi
Muhammad salallahu ‘alaihi wassalam, sebagai tokoh sentralnya.
Setelah sang Rasul wafat, para keturunannya yang disebut ahlul ba’it, memegang
peranan penting dalam penyebaran agama Islam. Sisi lain, mereka juga kerap
dianggap sebagai pewaris spiritual Rasulallah, dan berhak mencantumkan
gelar-gelar syarif atau sayyid sebagai simbol
bangsawan spiritual.
Garis keturunan secara lahiriah
ini, kerap diangap sebagi jembatan langsung untuk menjangkau sang Nabi
terakhir. Bahkan, mereka pun dianggap sebagai wali, sang
pelindung, yang mencintai dan dicintai oleh Dzat Yang Mahasempurna. Karena itu,
makam para wali, atau secara jamak disebut auliya, dianggap
memiliki barokah untuk mendapatkan syafaat dari
Rasulallah. Sehingga, ziarah ke makam para wali pun menjadi tradisi tahunan
sejak tahun 70-an.
Hampir setiap mendekati
Ramadhan, kota ini menjadi pusat perhatian umat Islam dari mana pun. Lebih
khusus lagi, para habaib, atau orang-orang yang memiliki garis
keturunan dari Rasulallah. Karena, komunitas habaib itulah
yang merasa paling berkepentingan untuk mengunjungi makam-makam para wali, yang
ternyata merupakan para leluhurnya sendiri.
Kota Palembang di masa silam
adalah kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa pra-Islam, dan kebesaran Kesultanan
Palembang Darussalam pada abad ke-13. Kesultanan Palembang Darussalam
berkembang, setelah kehancuran Kerajaan Sriwijaya dan kekosongan kekuasaan
selama sekitar dua abad. Pimpinan Islam yang pertama kali berkuasa di Palembang
adalah Sultan Mughni. Saat itu, Palembang juga masih bagian dari Kerajaan
Majapahit.
Kesultanan Palembang Darussalam
makin semarak, setelah Sultan Mahmud Badaruddin I berkuasa. Genderang syiar
Islam terus terdengar, dan tatanan budaya yang bersendikan Islam di kota ini
pun, kian kokoh. Nama besar sang Sultan, ternyata masih berkaitan dengan wali songo
dan sultan-sultan di Kesultanan Demak Bintoro.
Sumber : Youtube
Begitu kuatnya hubungan darah
keluarga Kesultanan Palembang Darussalam dengan wali songo hingga
Rasulallah salallahu ‘alaihi wassalam, maka mereka pun dekat
dengan kaum pedagang atau ulama dari jazirah Arab. Sebagian besar dari para
ulama itu berasal dari Hadramaut, Yaman Selatan, tempat salah seorang keturunan
sang Rasul bermukim. Mereka dikenal sebagai komunitas Keluarga Allawiyin, yakni
keturunan ke-12 dari Nabi Muhammad salallahu ‘alaihi wassalam. Dan,
sebagian besar warga keturunan arab yang bermukim di kota Palembang, umumnya
berasal dari Keluarga Allawiyin.
Eratnya hubungan antara
keluarga Kesultanan Palembang Darussalam dan para habib dari Hadramaut, adalah
diangkatnya para habib itu sebagai guru di lingkungan istana. Penghormatan
keluarga kesultanan terhadap keturunan ahlul bait itu, juga
ditunjukkan dengan kehadiran makamnya yang dekat dengan makam sang Sultan.
Kesatuan antara makam guru dan murid.
Pada akhirnya, para habib itu
memang menjadi imam kubur, ulama yang seakan mendampingi muridnya
yang sultan, sejak hidup hingga ke liang lahat. Imam kubur di dekat makam
Sultan Mahmud Badaruddin I adalah Al Habib Abdullah bin Idrus Alaidrus. Namun,
selain sang imam kubur, nama Sultan Mahmud Badaruddin I pun memiliki kemuliaan
tersendiri di mata para penziarah. Karena, selain masih keturunan ahlul
bait, sang Sultan merupakan ulama dan pemimpin yang arif bijaksana.
Bahkan, para sejarahwan menjulukinya sebagai tokoh pembangunan Palembang
modern.
Ikatan lahir dan batin antara Hadramaut dan Palembang, adalah buah sejarah panjang yang digelar para habib, ulama, atau wali, asal Hadramaut di kota Palembang, berabad-abad yang silam. Kehadiran para auliya membuat warna Islam di kota Palembang kian semarak, dan memperkuat perjuangan para wali songo dan ulama-ulama lain, untuk mengajarkan nilai-nilai kebenaran dan kedamaian.
Semakin siang, suasana ziarah kubro kian semarak. Iring-iringan para penziarah terus bergerak. Kali ini, tujuan mereka mengarah ke areal Pemakaman Kambang Koci, tempat dimakamnya puluhan wali dan keluarga Kesultanan Palembang Darussalam.
Meski areal pemakamannya lebih sederhana, namun para penziarah merasa yakin, di tempat inilah jasad para ulama besar asal Hadramaut dimakamkan. Para habaib masih menyimpan nama-nama besar dan kemuliaan yang ditorehkan oleh para wali ini. Sejarah mencatat, para ulama yang kini namanya tengah diagungkan ini berjuang dan bergerak ke seluruh pelosok Sumatera Selatan, untuk menyiarkan Islam.
Dan, perjuangan dan kemuliaan mereka itulah, yang kini terus disimpan oleh keturunannya yang bermukim di kota Palembang dan kota-kota lain. Sehingga, mereka pun seakan menjadikan palembang seperti Hadramaut, kota penuh sejarah, makam para waliyullah, dan juga tempat kelahiran para leluhurnya.
Sehingga, mereka merasa wajib untuk terus berdatangan setiap menjelang bulan Ramadhan, meski sekedar menemui makam dan mendoakan arwah auliya. Yakni, orang-orang terpilih, yang mampu melindungi islam dan umatnya, serta senantiasa mencintai dan dicintai oleh Yang Maha Memiliki Cinta.
Palembang sebagai Hadramaut Kedua, bukan hanya tempat peristirahatan terakhir para wali dan keturunan ahlul bait. Tapi, juga tempat berseminya nuansa cinta, kaum muslim terhadap Rasul pilihannya dan para pejuang-pejuang Islam.
By : syaiful halim
No comments:
Post a Comment