CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

18 October 2016

Saparela, Sugus & Es Hoya

1. Minuman Sarsaparilla / Saparela dan Soda.

Minuman yang terkenal di awal 1980-an ini sempat merajai pasar minuman bersoda khususnya di Palembang mengusung merek Sarsaparila Cap kembang Api  yang oleh lidah orang Palembang berubah menjadi Saparela karena sulit nya mengucap kata sarsaparila. Minuman yang di produksi dengan merek Kembang Api yang beralamat di seputaran penyaringan, lemabang ini daerah penyembarannya sampai ke seluruh wilaya Sumatera selatan,  dan sebagian di provinsi Jambi, Lampung dan Bengkulu serta Bangka Belitung, 

Dengan memiliki rasa yang khas, dengan botol hijau atau hitam dan tutup berwana merah menjadi kegemaran msyarakat saat itu dan pada masa itu setiap lebaran Idul Fitri ataupun Idul Adha kurang lengkap jika tidak menyajikan ini.

Selain mempoduksi Saparela perusahaan ini Cap Bunga Mas ini juga memproduksi soda untuk campuran minum biasanya di Palembang di kenal dengan "Soda Susu" yaitu susu kental manis yang di campur dengan soda ini dan di beri es batu sebagai penyegar.

Tapi pada Awal tahun 2000-an minuman sarsaparilla ini sudah mulai jarang terlihat di pasaran karena kalah bersaing dengan minuman-minuman bersoda bermerek import yang ada di Indonesia tapi untuk di kawasan pesisir seperti Sekayu, Sungsang, Makarti, Mangun Jaya dan beberapa tempat lainnya masih ada informasi yang menjual produk ini. 
sumber : http://www.imgrum.net/user/patrickmsi/1439106319

Hingga saat ini Sarsaparilla sudah sangat susah di cari di pasaran Palembang, entah masih di produksi atau tidak masih menjadi pertanyaan besar tetapi untuk soda sendiri masih banyak dan gampang di temui di warung-warung ataupun tempat-tempat makan di kota ini.




2. Minuman Sugus.

foto : cilegonantik
Satu lagi yang merupakan minuman bersoda tempo dulu yang pernah menghiasi kota ini bermerek SUGUS minuman yang di Produksi oleh PT. Djarum Emas Unggul ( Yang juga memproduksi air kemasan merk Aira sekarang menjadi Daira) yang terletak di kawasan KM 8 Palembang, memiliki beberapa varian warna seperti orange, merah dan hijau, di mana minuman Sugus ini lebih berkelas di bandingkan dengan minuman saparela, dengan botol ukuran sedang menjadi kan Sugus sempat menjadi minuman favorit  di saat itu. dengan di ikat lusinan teringat betul kalau saat lebaran paling senang kalau di kasih minuman ini.

Tapi saat itu kalau kebanyakan minum yang bersoda seperti ini mulai timbul penyakit-penyakit yang berkaitan dengan tenggorokan.

Senasib dengan saparela juga  di awal tahun 2000-an minuman ini juga harus tergerus zaman karena kalah bersaing dengan minuman-minuman bersoda bermerek import yang ada di Indonesia dan adanya masalah intern perusahaan yang juga menjadi pemicunya.
foto : cilegonantik
2. Es Hoya 

Hoya merupakan merk minuman bersoda yang murah meriah hadir di seluruh wilayah Sumatera Selatan khususnya Palembang di awal tahun 1990-an, minuman rakyat yang saat itu di hargai Rp. 500 ,- (lima ratus Rupiah) per isi botolnya ataupun menukar isinya dengan menukarkan botol kosong milik kita. sering di sebut dengan Es Hoya karena saat meminumnya menang di campur dengan es batu.

Banyak varian warna dari hoya ini ada warna merah, orange, hijau, unggu, coklat dan beberapa warna lainnya, meminum es hoya ini biasanya di dampingi dengan makanan khas Palembang lainnya, pempek, tekwan, model, laksan dan lain sebagainya.

karena di sekitar tahun 1997-1998 minuman ini hilang dari peredaran dan tidak ada lagi sampai saat ini. Tidak ada dokumnetasi untuk produk yang pernah hadir di kota ini, karena saat itu memang sulit untuk mendapatkan dokumentasi tetapi untuk masyarakat Palembang sendiri yang pernah tahu atau merasakan nya pasti akan mengingat "ES HOYA" sebagai salah satu minuman favoritnya.

27 comments:

  1. saro nian mak ini nyarinyo. bahkan mgkn la dkatek lg

    ReplyDelete
  2. Kangen the legen sikok lagi es hoya 888

    ReplyDelete
  3. saparela.. inget nean aku.. yaak Allah kangen nean masalalu ��

    ReplyDelete
  4. Gan nyari botol sarsaparila itu di mn y

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah agak susah nyarinya gan..... karena peredaran sarsaparila yang tidak sebanyak dulu

      Delete
    2. Ado di simpang pasar kuto... namo toko nyo toko abadi.... 30 ribu selusin

      Delete
  5. Ado dipasar kuto.... toko abadi.... 30 ribu selusin saparela

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nian apo lor,,di sebelah manonyo??pinggir jalan apo masok

      Delete
  6. Soda water ada yang tau agen nya atau suplier d palembang??

    ReplyDelete
  7. Ad alamat lengkap atau toko ny gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan toko aku jual...mau berapa banyak gan...kontak aja aku gan.. 0895636900497...
      Saparela juga..ada..

      Delete
  8. Saparilla itu rasonyo samo nian cak minuman soda yg ado di A&W di PS Mall Palembang pas pertamo nyubonyo kiroin coce cole ternyata rasa saparila jadi nostalgia hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sdh beda om kalau di AW apalagi sudah di enjek es cream

      Delete
  9. Yang mau order dalam skala besar dan kecil, bisohubungi
    wa: 081369492343

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau ambil 100 lusin harga per lusin berapa gam lokasi palembng di mana

      Delete
  10. Pingin sugus merah masi ad gk jualnya n d mna, mhn info

    ReplyDelete
  11. Mau cari sar saparela, dimana ya ada stock & berapa harganya

    ReplyDelete
  12. Klo mau pesan bisa hubungi 085609095080 banyak atau sedikit

    ReplyDelete
  13. Brp hargo sarsaparelanyo kl ambek 50 lusin

    ReplyDelete
  14. Hubungi WA 0823 7440 6288, Untuk Saparillah, beras, daging, ikan, udang beku dll

    ReplyDelete
  15. Yg jualan water soda bunga mas area pemulutan ada gak ya

    ReplyDelete