CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

10 February 2008

Bis Surat Zaman Belanda di Palembang


Tulisan Brievenbus pada kotak surat itu berarti bis surat atau biasa disebut kotak pos yang merupakan tempat atau kotak untuk mengirim surat yang sudah diberi alamat tujuan yang jelas, dan perangko yang cukup. . Pada zamannya, surat pada kotak pos Brievenbus diambil sehari tiga kali. Kotak surat Brievenbus yang asli terbuat dari besi cor.

Bis surat di Jl. Diponogoro Palembang
Foto :sungimusi.wordpress.com/
Seperti yang terdapat di samping pintu masuk kantor pos besar Jalan merdeka Palembang, di mana di sisi kiri dan kanan terdapat bis surat dengan warna khas kantor pos.  Di era tahun 1990-an masih banyak menggunakan fasilitas bus surat ini, tetapi tangan-tangan jahil merusak exsistensi bus surat ini dari mencoret-coret, membongkar paksa pintu bus surat ataupun memasukan rokok kedalam bus surat tersebut sehingga surat dan dokumen yang ada di dalam bis surat tersebut jadi terbakar. apalagi kemudahaan berkomunikasi saat ini surat sudah tergantikan dengan  SMS, MMS, E mail ataupun media sosial.

Tapi uniknya di kawasan masjid Agung bus surat ini di jadikan kota amal, dengan aksara Jawi (arab melayu) dan terjemawannya dan dicat warna perak.

No comments:

Post a Comment