CANTUMKAN SUMBERNYA JIKA MENGGUNAKAN GAMBAR ATAU ARTIKEL DARI BLOG INI - HORMATI HAK CIPTA ORANG LAIN.

16 February 2008

Perumahan Indies/Kolonial Di Palembang


Rumah-rumah peninggalan kolonial Belanda yang banyak tersebar di kawasan Talang Semut, Sekanak, di mana usia dari rumah-rumah tersebut lebih dari 70 tahuan, jika melintasi Jl. PAK Abdurohim atau SMP 1 mulai terlihat bangunan dengan arsitektur khas eropa, dengan atap tinggi dan halaman yang cukup luas, sehingga jarak dari satu rumah ke rumah lainnya tidak terlalu rapat, yang salah satu fungsinya adalah untuk srkulasi udara dan mencegah perambatan api saat terjadi kebakaran.

Saat ini status kepemilikan dari rumah-rumah bergaya indies ini adalah milik perorangan, sehingga akan memberikan efek kesulitan bagi pemerintah untuk mempertahankan bentuk asli dari rumah-rumah tersebut, karena di beberapa tempat sudah berubah fungsi menjadi tempat usaha dan juga cafe. Bahkan ada juga yang sudah rusak karena tidak di tempati ataupun di tinggalkan pemilik yang sudah berdiam di kota lain.

Padahal perumahan seperti ini seandainya di lestarikan sebagai cagar budaya bisa menjadi seperti kawasan kota lama di Semarang atau kawasan kota tua Jakarta.





No comments:

Post a Comment